Tugas Pengantar Imu Komunikasi
Pengertian
Komunikasi Menurut Para Ahli
Oleh Kelompok :
1. Chikita
Putri Liani (130904001)
2. Laila
Suci Ramadani (130904005)
3. Muhammad
Juanda Lubis (130904021)
4. Yohana
Syuhaya (130904022)
5. Rizki
Mitra Hamdani (130904029)
6. Argindo
Pratama Tampubolon (130904041)
7. Taramika
Purnama (130904057)
8. Laila
Badria (130904058)
DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013
Pengantar
Ilmu Komunikasi
Dalam
pengertian komunikasi ada sejumlah komponen atau unsur yang dicakup,yang
merupakan persyaratan terjadinya ilmu komunikasi. Dalam”bahasa komunikasi”
komponen-komponen sebagai berikut:
Ø Komunikator : Orang yang menyampaikan pesan
Ø Pesan : Penyataan yang didukung oleh
lambing
Ø Komunikan
: Orang yang menerima pesan
Ø Media
: Sarana atau saluran yang
mendukung pesan bila komunikan jauh tempatnya.
Ø Efek
: Dampak sebagai pengaruh
dari pesan.
Yang
penting dalam komunikasi ialah bagaimana caranya agar suatu pesan yang
disampaikan
komunikator itu menimbulkan dampak atau efek tertentu pada komunikan.
Pengertian komunikasi
menurut para ahli :
Komunikasi terbagi atas 4 katagori
yaitu:
1. Definisi
yang menekankan penyebaran atau pengiriman.
·
Bernard
Berelson dan Gary A.Steiner (1912-1979)
Komunikasi merupakan transmisi
informasi, gagasan emosi, keterampilan,dan sebagainya, dengan menggunakan
simbol-simbol,kata-kata,gambar,figure,grafik dan sebaginya tindakan atau proses
transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.
·
Simpson
dan Weiner (1990)
Komunikasi sebagai penanaman
(importing), penyampaian (conveying) atau penukaran (exchange)
ide-ide,pengetahuan, maupun informasi baik melalui pembicaraan,tulisan,maupun tanda-tanda
(penyebaran).
Kesimpulan
:
2. Definisi
yang menekankan persamaan makna atau arti
·
Judy
C.Pearson dan Paul E. Nelson (1979)
Komunikasi adalah proses memahami
dan berbagi makna.
·
Howard
Stephenson (1971)
Komunikasi merupakan proses
penyampain peran komunikasi dan juga efek komunikasi dari seseorang atau
kelompok kepada orang atau kelompok lainnya.
3. Definisi
yang menekankan persuasive
·
Gerald
R.Miller (1978)
Komunikasi terjadi ketika suatu
sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk
mempengaruhi perilaku penerima.
·
Joseph
A. Devito (1978)
Dalam bukunya “communicology :An
introduction to the study of communication “ merupakan kegiatan yang dilakukan
seseorang atau lebih dari kegiatan menyampaikan dan menerima pesan komunikasi
yang terganggu keributan,dalam suatu konteks,bersama dengan beberapa efek yang
timbul dan kesempatan arus balik.
4. Pengertian
yang menekankan aspek tingkah laku
·
Raymond
S. Ross (1974)
Dalam bukunya “persuasion
communication and interpersonal relations”: menjelaskan:
1. Pesan
komunikasi harus dapat menimbulkan perhatian
2. Pesan
komunikasi dapat membangkitkan minat dan perhatian pendengar
3. Pesan
komunikasi harus dapat direncankan masalahnya berdasarkan pengalaman masa
lalu,kepribadian dan pngetahuan khalayak
4. Pesan
komunikasi dapat mengemukakan argumentasi sebagai pemecahan masalah yang
dibicarakan
5. Bila
arah tindakan yang diarahkan telah terbukti paling baik,tegakkan kembali pesan
komunikasi dengan kesimpulan, tinjaun singkat, kata-kata pengingat dan visualisasi.
·
Barnlund
(1964)
Komunikasi timbul di dorong oleh kebutuhan
untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efek, mempertahankan
atau memperkuat ego.
Analisis
dan Kesimpulan Pergertian Komunikasi Menurut Para Ahli :
Pengertian komunikasi
menurut para ahli :
Komunikasi terbagi atas 4 katagori
yaitu :
1.
Definisi
yang menekankan penyebaran atau pengiriman.
Di
simpulkan definisi yyang menekankan penyebaran atau pengiriman adalah
penyampain informasi maupun pertukaran informasi yang dilakukan oleh manusia
yang melalui orang perorangan tidak hanya secara lanngsung bias juga dilakukan
secara tersirat Contohmya : Seseorang yang sedang melakukan kegiatan perkenalan
yang belum kenal sebelumnya dan saling menyampaikan pesan-pesan atau pertukaran
informasi.
2.
Definisi
yang menekankan persamaan makna atau arti
Dapat
disimpulkan dari kedua para ahli yakni Semua aspek komunikasi yang dilakukan
setiap manusia sehari-hari memilki peran langsung yang dapat di pahami oleh
setiap orang ataupun kelompok. Contohnya
Seorang guru sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yyang akan
disampaikan kepada murid atau komunikan. Setelah itu guru harus menentukan
saluran untuk berkomunikasi secara langsung(tatap muka) atau tidak langsung
(media). Setelah itu guru harus menyesuaikan topik/tema yang sesuai dengan umur
si kommunikas, juga harus menentukan tujuan komunikasi dari pesan agar terjadi
dampak pada diri komunikan yang diinginkan..
3.
Definisi
yang menekankan persuasive
Setelah
kami diskusikan, kami menyimpulkan komunikasi menurut aspek persuasive ialah
suatu bentuk penyampaian pesan komunikasi dimana Orang yang menyampaikan pesan
(Komunikator) lebih berperan aktif dalam mempengaruhi Orang yang menerima pesan
(Komunikan) dan orang yang menerima
pesan terpengaruh dan melakukan tindakan. Contohnya : Ketika seorang motivator
memberikan motivasi kepada orang banyak (audience) untuk melakukan hal-hal yang
lebih baik seperti menjauhi narkoba, Jauhi kenakalan remaj, membangun tingkat
belajar mahasiswa menjadi unnggul dalam prestasinya, dll. Para Audience pun
terpengaruh kemudian perlahan-lahan mulai menghindari, menjauhinya, dan semakin
giat belajar para mahasiswa.
4.
Definisi
yang menekankan aspek tingkah laku
Dalam definisi ini komunikasi aspek
tingkah laku bahwa Orang yang menyampaikan pesan (Komunikator) hanya memberikan
pesan yang tersirat atau sedikit informasi dan yang berperan aktif ialah Orang
yang menerima pesan (Komunikan) dan komunikanllah yang menanggapi dan memproses
apa yang di berikan komunikator tersebut. Contohnya : Seseorang yang sedang mencari
alamat temannya yang ia tidak tahu tempat lokasinya berada, sehingga ia
mengirim atau menyampaikan pesan kepada orang lain dengan lanngung (tatap
muka), sehingga orang yang menerima pesan (komunnikan) lebih banyak melakukan
tindakan untuk mencari lokasi temannya berada.
Daftar Pustaka
Effendy, Onong Uchjana. 1992. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya
Lubis, Suwardi. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia, Medan : Bartong Jaya
0 komentar:
Posting Komentar