Jumat, 16 Januari 2015

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli



Tugas Pengantar Imu Komunikasi
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Oleh Kelompok :
1.      Chikita Putri Liani (130904001)
2.      Laila Suci Ramadani (130904005)
3.      Muhammad Juanda Lubis (130904021)
4.      Yohana Syuhaya (130904022)
5.      Rizki Mitra Hamdani (130904029)
6.      Argindo Pratama Tampubolon (130904041)
7.      Taramika Purnama (130904057)
8.      Laila Badria (130904058)


DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013



Pengantar Ilmu Komunikasi
Dalam pengertian komunikasi ada sejumlah komponen atau unsur yang dicakup,yang merupakan persyaratan terjadinya ilmu komunikasi. Dalam”bahasa komunikasi” komponen-komponen sebagai berikut:
     Ø  Komunikator   : Orang yang menyampaikan pesan
     Ø  Pesan               : Penyataan yang didukung oleh lambing
     Ø  Komunikan     : Orang yang menerima pesan
     Ø  Media              : Sarana atau saluran yang mendukung pesan bila komunikan jauh tempatnya.
     Ø  Efek                : Dampak sebagai pengaruh dari pesan.
Yang penting dalam komunikasi ialah bagaimana caranya agar suatu pesan yang
             disampaikan komunikator itu menimbulkan dampak atau efek tertentu pada komunikan.
Pengertian komunikasi menurut para ahli :
            Komunikasi terbagi atas 4 katagori yaitu:
1.      Definisi yang menekankan penyebaran atau pengiriman.
·         Bernard Berelson dan Gary A.Steiner (1912-1979)
Komunikasi merupakan transmisi informasi, gagasan emosi, keterampilan,dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol,kata-kata,gambar,figure,grafik dan sebaginya tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.
·         Simpson dan Weiner (1990)
Komunikasi sebagai penanaman (importing), penyampaian (conveying) atau penukaran (exchange) ide-ide,pengetahuan, maupun informasi baik melalui pembicaraan,tulisan,maupun tanda-tanda (penyebaran).
Kesimpulan :

2.      Definisi yang menekankan persamaan makna atau arti
·         Judy C.Pearson dan Paul E. Nelson (1979)
Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
·         Howard Stephenson (1971)
Komunikasi merupakan proses penyampain peran komunikasi dan juga efek komunikasi dari seseorang atau kelompok kepada orang atau kelompok lainnya.

3.      Definisi yang menekankan persuasive
·         Gerald R.Miller (1978)
Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.
·         Joseph A. Devito (1978)
Dalam bukunya “communicology :An introduction to the study of communication “ merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih dari kegiatan menyampaikan dan menerima pesan komunikasi yang terganggu keributan,dalam suatu konteks,bersama dengan beberapa efek yang timbul dan kesempatan arus balik.

4.      Pengertian yang menekankan aspek tingkah laku
·         Raymond S. Ross (1974)
Dalam bukunya “persuasion communication and interpersonal relations”: menjelaskan:
1.      Pesan komunikasi harus dapat menimbulkan perhatian
2.      Pesan komunikasi dapat membangkitkan minat dan perhatian pendengar
3.      Pesan komunikasi harus dapat direncankan masalahnya berdasarkan pengalaman masa lalu,kepribadian dan pngetahuan khalayak
4.      Pesan komunikasi dapat mengemukakan argumentasi sebagai pemecahan masalah yang dibicarakan
5.      Bila arah tindakan yang diarahkan telah terbukti paling baik,tegakkan kembali pesan komunikasi dengan kesimpulan, tinjaun singkat, kata-kata pengingat dan visualisasi.
·         Barnlund (1964)
Komunikasi timbul di dorong oleh kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efek, mempertahankan atau memperkuat ego.
Analisis dan Kesimpulan Pergertian Komunikasi Menurut Para Ahli :
Pengertian komunikasi menurut para ahli :
            Komunikasi terbagi atas 4 katagori yaitu :
1.      Definisi yang menekankan penyebaran atau pengiriman.
Di simpulkan definisi yyang menekankan penyebaran atau pengiriman adalah penyampain informasi maupun pertukaran informasi yang dilakukan oleh manusia yang melalui orang perorangan tidak hanya secara lanngsung bias juga dilakukan secara tersirat Contohmya : Seseorang yang sedang melakukan kegiatan perkenalan yang belum kenal sebelumnya dan saling menyampaikan pesan-pesan atau pertukaran informasi.
2.      Definisi yang menekankan persamaan makna atau arti
Dapat disimpulkan dari kedua para ahli yakni Semua aspek komunikasi yang dilakukan setiap manusia sehari-hari memilki peran langsung yang dapat di pahami oleh setiap orang ataupun kelompok.  Contohnya Seorang guru sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yyang akan disampaikan kepada murid atau komunikan. Setelah itu guru harus menentukan saluran untuk berkomunikasi secara langsung(tatap muka) atau tidak langsung (media). Setelah itu guru harus menyesuaikan topik/tema yang sesuai dengan umur si kommunikas, juga harus menentukan tujuan komunikasi dari pesan agar terjadi dampak pada diri komunikan yang diinginkan..


3.      Definisi yang menekankan persuasive
Setelah kami diskusikan, kami menyimpulkan komunikasi menurut aspek persuasive ialah suatu bentuk penyampaian pesan komunikasi dimana Orang yang menyampaikan pesan (Komunikator) lebih berperan aktif dalam mempengaruhi Orang yang menerima pesan (Komunikan) dan orang yang  menerima pesan terpengaruh dan melakukan tindakan. Contohnya : Ketika seorang motivator memberikan motivasi kepada orang banyak (audience) untuk melakukan hal-hal yang lebih baik seperti menjauhi narkoba, Jauhi kenakalan remaj, membangun tingkat belajar mahasiswa menjadi unnggul dalam prestasinya, dll. Para Audience pun terpengaruh kemudian perlahan-lahan mulai menghindari, menjauhinya, dan semakin giat belajar para mahasiswa.
4.      Definisi yang menekankan aspek tingkah laku
Dalam definisi ini komunikasi aspek tingkah laku bahwa Orang yang menyampaikan pesan (Komunikator) hanya memberikan pesan yang tersirat atau sedikit informasi dan yang berperan aktif ialah Orang yang menerima pesan (Komunikan) dan komunikanllah yang menanggapi dan memproses apa yang di berikan komunikator tersebut. Contohnya : Seseorang yang sedang mencari alamat temannya yang ia tidak tahu tempat lokasinya berada, sehingga ia mengirim atau menyampaikan pesan kepada orang lain dengan lanngung (tatap muka), sehingga orang yang menerima pesan (komunnikan) lebih banyak melakukan tindakan untuk mencari lokasi temannya berada.


Daftar Pustaka
Effendy, Onong Uchjana. 1992. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja        Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya
Lubis, Suwardi. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia, Medan : Bartong Jaya

0 komentar:

Posting Komentar